Connect with us

News

“Pemerintah jangan sampai ulangi kesalahan kayak Krisis 1998”

Published

on

JONEWS.ID – Pemerintah diharapkan tidak terlalu buru-buru mengencangkan ikat pinggang, sementara pandemi covid-19 belum usai. Kini kasus covid memang landai, namun tidak ada jaminan kondisi yang sama bertahan hingga tahun depan.

“Saya ingin mengingatkan kita memang punya target (defisit) 3% tapi saya kira kita juga mesti fleksibel, jangan sampai gara-gara ngejar 3% itu fiskalnya di tighten to early,” ujar Ekonom Senior Chatib Basri dalam webinar Bincang APBN 2022, Senin (18/10/2021).

Defisit diperbolehkan melewati batas 3% sampai 2023 tertera dalam Undang-undang Nomor 2 tahun 2020. Tujuannya kala itu agar pemerintah memiliki ruang fiskal yang lebih lebar untuk penanganan covid dan pemulihan ekonomi nasional.

Sepertinya pemerintah tidak sabar. Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2022, pemerintah mengurangi anggaran perlindungan sosial menjadi Rp 252,3 triliun. Sederet insentif pajak juga dikurangi dengan cara pemberian yang lebih selektif.

Di saat yang bersamaan, ada UU HPP dengan kebijakan di antaranya adalah kenaikan pajak pertambahan nilai (PPN) menjadi 11% dan pengenaan pajak karbon serta cukai untuk beberapa kelompok barang tertentu. Sehingga bisa menambah penerimaan dan memperkecil defisit.

Hanya saja, kebijakan tersebut tentu akan memberatkan masyarakat yang saat ini baru beranjak pulih. Belum lagi kalau seandainya lonjakan kasus covid kembali terulang.

Risiko yang masih terbuka lebar seiring dengan kekebalan komunal dari vaksinasi belum kunjung tercapai.

Pemerintah, kata Chatib harus belajar dari kejadian 1998. Saat Dana Moneter Internasional (IMF) menyarankan pemerintah Indonesia agar mulai memperketat fiskal sementara krisis masih melanda segenap masyarakat. Dampaknya, pemulihan pasca krisis menjadi lebih lama dan membutuhkan uang lebih banyak.

Sama dengan yang terjadi kini, di mana pemerintah harus berhadapan dengan target batas defisit harus kembali ke bawah 3% dari PDB pada 2023.

Bila batas tersebut kembali dilonggarkan selama 2-3 tahun ke depan, maka Chatib menilai semua pihak dapat memaklumi.

Chatib mengamati perkembangan banyak negara. Dia tidak menemukan negara yang mengurangi stimulus secara signifikan ataupun menarik pajak lebih tinggi kepada rakyatnya.

“Jadi intinya adalah kalau memang itu masih bisa dibutuhkan dilakukan saja, jangan sampai kita mengulangi kesalahan yang dilakukan di tahun 98 ketika IMF menganjurkan kita untuk tightening fiskal pada saat masih resesi,” tegasnya.

(sumber: CNBC Indonesia)

News

PT Pos Cabang Tebingtinggi Salurkan Bantuan Beras Untuk 12.280 KPM Pekan Depan

Published

on

Pj Wali Kota Tebingtinggi,Muhammad Dimiyathi

“PT Pos Indonesia dipercaya Pemerintah Pusat sebagai penyalur Program Pangan Pemerintah untuk Pemberian Bantuan Pangan Tahun 2023,”| Executive Manager PT Pos Indonesia Cabang Tebingtinggi, Rahmad

TEBINGTINGGI – Executive Manager PT Pos Indonesia Cabang Tebingtinggi, Rahmad mengatakan, penyaluran bantuan beras Pemerintah untuk12.280 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dimulai pekan depan.

Namun Rahmad menegaskan belum mengantongi jadwal pendistribusian, lantaran masih menunggu kesiapan dari pihak perum Bulog.

” Iya, bantuan beras Pemerintah akan disalurkan melalui Kecamatan, kita menunggu kesiapan perum Bulognya,” kata Rahmad usai pertemuan di ruang kerja Pj Wali Kota Tebingtinggi, Kamis (6/4).

Rahmad menambahkan, bahwa PT Pos Indonesia dipercaya Pemerintah Pusat sebagai penyalur Program Pangan Pemerintah untuk Pemberian Bantuan Pangan Tahun 2023.

” Kita (PT Pos) kerjasama dengan Perum Bulog, lebih dari 132 juta kg beras akan diterima lebih dari 13 juta KPM, tersebar di 18 Provinsi di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Executive jasa transportasi tersebut menjelaskan, Pemerintah memberi alokasi bantuan sekira sepuluh kilogram beras per bulan untuk tiga bulan setiap KPM.

Rahmad mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas dukungan serta sinergitas Pj Wali Kota Muhammad Dimiyathi dengan PT Pos Indonesia Cabang Tebingtinggi.

Dalam pertemuan keduanya di kawasan Jalan Dr Sutomo, distribusi bantuan pangan beras Pemerintah  tersebut, diharapkan Pj Wali Kota Tebingtinggi, Muhammad Dimiyathi dapat  meringankan kebutuhan ekonomi maayarakat paska Pendemi dan kebutuhan menjelang Idul Fitri.

” Kebutuhan pangan diprediksi meningkat menjelang lebaran nanti, semoga bantuan beras ini dapat membantu ekonomi warga KPM di Tebingtinggi,” pungkasnya.

Continue Reading

News

Kominfo Tebingtinggi pacu langkah optimal percepatan penurunan Prevalensi stunting

Published

on

Kabid Komunikasi Diskomuninfo Tebingtinggi, Iswan Suhendi SSTP Msi

Targetnya adalah pencapaian penurunan stanting di Tebingtinggi dapat mencapai 14 persen tahun 2022,” | Kabid Komunikasi Diskominfo Tebingtinggi, Iswan Suhendi SSTP Msi

TEBINGTINGGI– Implementasi kebijakan Pemerintah Pusat melakukan percepatan penurunan prevalensi stunting di tingkat Daerah terus didorong kuat Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tebingtinggi.

Kabid Komunikasi dan Informatika Tebingtinggi Iswan Suhendi mengaku terus melakukan langkah optimal untuk menekan kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah 5 tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis.

Salah satu langkah Tim Percepatan Penurunan stunting tersebut, kata Iswan dilakukan lewat sosialiasi beragam materi pemahaman terkait stunting secara keseluruhan, mulai pengenalan, gejala, faktor penyebab, hingga cara mengatasi agar pertumbuhan anak dapat optimal.

“Stunting merupakan ancaman, bahkan mengganggu pertumbuhan fisik, dan gangguan perkembangan otak, tentu saja itu akan mempengaruhi kemampuan dan prestasi, juga berbahaya bagi generasi kelanjutannya, jika tidak ditangani secara serius,” kata Iswan Jum,at (16/9).

Bagi Iswan, materi sosialisasi ini berisikan beragam langkah yang akan dilakukan untuk mencegah stunting, seperti pemberian gizi balita dan faktor determainnya yaitu pola makan, penyakit infeksi pada balita, perilaku imunisasi, sosial ekonomi, lingkungan, dan akses ke pelayanan kesehatan balita.

“Sosialiasasi ini berdampak positip, penurunan angka stunting secara nasional di tahun 2021 sebesar 1,6 persen dari 27.7 persen di tahun 2019 menjadi 24,4 persen tahun 2021, bukti keseriusan Pemerintah membangun generasi Indonesia emas.” Jelasnya.

Hal itu mempengaruhi jumlah angka stunting di Tebingtinggi yang mengalami penurunan per bulan Agustus 2022, dimana penderita asupan gizi jelas Iswan turun menjadi 17,3 persen berubah menjadi 281 orang.

” Targetnyabpencapaian penurunan stanting di Tebingtinggi dapat mencapai 14 persen tahun 2022,” tutur Iswan

Perubahan itu kata Iswan tentu harus didukung sosilisasi atas pentingnya perbaikan pola makan, pola asuh, pemberian ASI kepada bayi sampai penataan sanitasi lingkungan yang kian membaik

Sosialisasi Himbauan Diskominfo untuk percepatan penurunan Prevalensi stunting (pendek/sangat pendek) anak didukung Ketua Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) wilayah 02.05 Tebingtinggi, Zul Fitra Jambak yang secara tegas menekankan pentingnya melahirkan generasi cerdas handal Indonesia.

“Saya kira ini penting, orangtua harus mengetahui lebih detail seputar stunting dan pencegahannya, karena generasi Indonesia harus cerdas,” ungkapnya.

Sebagai pakar komunikasi radio, ia berpendapat, merajut silahturahmi berbasis gelombang frekuensi dibutuhkan generasi sehat dan cerdas  yang mampu cepat mengakses pembicaraan. Tentu saja hal itu terkait kemampuan otak dalam merespon.

“ Gizi sangat mempengaruhi tingkat kecerdasan seorang anak hingga dewasa, maka dari itu, penurunan stunting perlu kita lakukan serentak bersama, elemen apapun itu, untuk membangun generasi Indonesia emas,” tegas Zul Fitra.

 

 

Continue Reading

News

Ternyata ini yang bikin Mendag Zulhas kena Tegur Jokowi

Published

on

JONEWS.ID – Belum genap satu bulan menjabat sebagai menteri perdagangan (mendag), Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan sudah mendapatkan atensi lebih dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Atensi yang diberikan Jokowii bukan pujian atas kinerja Zulhas yang terbilang singkat, melainkan sebuah peringatan buntut dari video dirinya membagikan minyak gratis, yang sebelumnya sudah dibayarkan kepada ibu-ibu.

“Saya minta semua menteri fokus bekerja. Kalau menteri perdagangan yang paling penting urus seperti yang saya tugaskan kemarin,” kata Jokowi, Selasa (12/7/2022).

Pernyataan Jokowi sendiri merujuk pada perintahnya usia Zulhas, sapaan akrabnya dilantik di Istana Negara pada Rabu (15/6/2022). Zulhas diperintahkan Jokowi untuk mengatasi masalah kebutuhan pokok masyarakat, utamanya lonjakan harga minyak goreng.

Menteri Perdagangan Tinjau Pasar Murah Di Wilayah Kota Bandar Lampung. (Lampungprov.go.id)

“Saya kira memang secepatnya harus kita usahakan agar harga itu bisa terjangkau untuk masyarakat bawah,” kata Jokowi beberapa waktu lalu.

Cerita bermula kala Zulhas membagikan minyak goreng untuk warga Kecamatan Telukbetung Timur, Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Lampung merupakan kampung halaman Zulhas.

Acara yang digelar pada akhir pekan lalu itu berlangsung di pasar murah bertajuk PANsar. Warga yang datang ke lokasi sebenarnya bisa membeli 1 liter minyak goreng seharga Rp 10 ribu.

Menteri Perdagangan Tinjau Pasar Murah Di Wilayah Kota Bandar Lampung. (Lampungprov.go.id)

Namun, minyak goreng itu ternyata digratiskan. Zulkifli yang hadir dalam kesempatan tersebut justru berpesan agar penerima minyak goreng gratis itu memilih anaknya, Futri Zulya Savitri. Futri yang hadir kala itu selaku pengurus DPP PAN dan calon legislatif PAN Dapil Lampung 1.

“Uangnya enggak usah, dikantongin ajah. Rp 10 ribu yang nanggung Futri. Kasih uangnya. Nanti pilih Futri, ada deh ginian dua bulan sekali,” pesan Zulifli Hasan kepada warga.

Jokowi menginginkan blusukan menteri perdagangan ke pasar untuk memastikan harga sejumlah komoditas pangan, tak terkecuali minyak goreng stabil. Jokowi ingin agar kenaikan harga minyak tak terjadi lagi.

“Jangan sekali-kali lari ke minyak kemasan premium. Yang kita cek minyak goreng curah agar angkanya 14 ribu atau di bawahnya. Kalau yang saya datangi sudah di angka Rp 14 ribu, kalau di luar Jawa di atas Rp 14 ribu, satu persatu akan kita selesaikan,” katanya.

Sebelumnya, Juru Bicara PAN Viva Yoga Mauladi menyebut acara bagi-bagi minyak itu adalah acara partai. Kedatangan Zulhas, kata dia, bukan sebagai pejabat pemerintah melainkan sebagai Ketua Partai.

“Bang Zulkifli Hasan hadir selaku Ketua Umum PAN meninjau acara PAN, yaitu PANsar Murah. Di acara itu, Futri, putrinya hadir selaku pengurus DPP PAN dan calon legislatif PAN Dapil Lampung 1,” kata Viva.

(sumber : CNBC INDONESIA)

Continue Reading

Trending