Connect with us

Lifestyle

Jangan anggap sepele, Beda Mitos vs Fakta Kesehatan Mental

Published

on

JONEWS.ID – Saat ini banyak sekali stereotip yang menyelimuti isu kesehatan mental. Hal ini tentunya banyak menimbulkan stigma, diskriminasi, dan isolasi pada orang-orang dengan gangguan mental.

Mereka pun akan semakin sulit untuk mendapatkan pengobatan yang baik, terlebih masih minimnya fasilitas kesehatan jiwa di berbagai daerah Indonesia.

Berikut adalah mitos dan fakta yang banyak beredar mengenai kesehatan mental yang perlu Anda ketahui, mengutip mentalhealth.gov

1. Mitos:
Kesehatan mental tidak mempengaruhi diriku.

Fakta:
Masalah kesehatan mental sebenarnya sangat umum terjadi. Pada tahun 2014, masalah kesehatan mental terjadi pada satu dari lima orang dewasa Amerika, lalu satu dari 10 anak muda mengalami masa depresi berat. Selain itu, satu dari 25 orang Amerika hidup dengan penyakit mental yang serius, seperti skizofrenia, gangguan bipolar, atau depresi berat.

Bunuh diri adalah penyebab kematian ke-10 di Amerika Serikat. Ini menyumbang hilangnya lebih dari 41.000 nyawa orang Amerika setiap tahun, lebih dari dua kali lipat jumlah nyawa yang hilang karena pembunuhan.

2. Mitos:
Anak-anak tidak mengalami masalah kesehatan mental.

Fakta:
Bahkan anak-anak yang sangat kecil pun dapat menunjukkan tanda-tanda peringatan dini tentang masalah kesehatan mental. Masalah kesehatan mental ini seringkali dapat didiagnosis secara klinis, dan dapat menjadi produk interaksi faktor biologis, psikologis, dan sosial.

Setengah dari semua gangguan kesehatan mental menunjukkan tanda-tanda pertama sebelum seseorang berusia 14 tahun, dan tiga perempat dari gangguan kesehatan mental dimulai sebelum usia 24 tahun.

Sayangnya, kurang dari 20% anak-anak dan remaja dengan masalah kesehatan mental yang dapat didiagnosis menerima perawatan yang mereka butuhkan. Dukungan kesehatan mental sejak dini dapat membantu anak sebelum masalah mengganggu kebutuhan perkembangan lainnya.

3. Mitos:
Orang dengan masalah kesehatan mental cenderung melakukan kekerasan dan tidak dapat diprediksi.

Fakta:
Sebagian besar orang dengan masalah kesehatan mental tidak lebih cenderung melakukan kekerasan daripada orang lain. Kebanyakan orang dengan penyakit mental tidak melakukan kekerasan dan hanya 3%-5% dari tindakan kekerasan dapat dikaitkan dengan individu yang hidup dengan penyakit mental yang serius.

Faktanya, orang dengan penyakit mental yang parah lebih dari 10 kali lebih mungkin menjadi korban kejahatan kekerasan daripada populasi umum. Anda mungkin mengenal seseorang dengan masalah kesehatan mental dan bahkan tidak menyadarinya, karena banyak orang dengan masalah kesehatan mental adalah anggota komunitas kita yang sangat aktif dan produktif.

4. Mitos:
Orang dengan kebutuhan kesehatan mental, bahkan mereka yang mengelola penyakit mentalnya, tidak dapat mentolerir stres karena menunda pekerjaan.

Fakta:
Orang dengan masalah kesehatan mental sama produktifnya dengan karyawan lain. Majikan yang mempekerjakan orang dengan masalah kesehatan mental melaporkan kehadiran dan ketepatan waktu yang baik serta motivasi, pekerjaan yang baik, dan masa kerja yang setara dengan atau lebih besar dari karyawan lain.

5. Mitos:
Kelemahan kepribadian atau cacat karakter menyebabkan masalah kesehatan mental. Orang dengan masalah kesehatan mental dapat keluar darinya jika mereka berusaha cukup keras.

Fakta:
Masalah kesehatan mental tidak ada hubungannya dengan malas atau lemah dan banyak orang membutuhkan bantuan untuk menjadi lebih baik. Banyak faktor yang berkontribusi terhadap masalah kesehatan mental, termasuk:
– Faktor biologis, seperti gen, penyakit fisik, cedera, atau kimia otak
– Pengalaman hidup, seperti trauma atau riwayat pelecehan
– Riwayat keluarga dengan masalah kesehatan mental
– Orang dengan masalah kesehatan mental bisa menjadi lebih baik dan banyak yang sembuh total.

Membantu Individu dengan Masalah Kesehatan Mental

6. Mitos:
Tidak ada harapan bagi orang dengan masalah kesehatan mental. Begitu seorang teman atau anggota keluarga mengalami masalah kesehatan mental, dia tidak akan pernah pulih.

Fakta:
Studi menunjukkan bahwa orang dengan masalah kesehatan mental menjadi lebih baik dan banyak yang sembuh total. Pemulihan mengacu pada proses di mana orang dapat hidup, bekerja, belajar, dan berpartisipasi penuh dalam komunitas mereka. Ada lebih banyak perawatan, layanan, dan sistem dukungan komunitas daripada sebelumnya, dan semuanya berhasil.

7. Mitos:
Terapi dan dorongan diri adalah sia-sia. Kenapa merasa terganggu jika kamu bisa meminum obat?

Fakta:
Perawatan untuk masalah kesehatan mental bervariasi tergantung pada individu dan dapat mencakup pengobatan, terapi, atau keduanya. Banyak individu bekerja dengan sistem pendukung selama proses penyembuhan dan pemulihan.

8. Mitos:
Anda tidak bisa melakukan apa pun untuk orang dengan masalah kesehatan mental.

Fakta:
Teman dan orang yang dicintai dapat membuat perbedaan besar. Hanya 44% orang dewasa dengan masalah kesehatan mental yang dapat didiagnosis dan kurang dari 20% anak-anak dan remaja menerima perawatan yang diperlukan.

Teman dan keluarga dapat menjadi pengaruh penting untuk membantu seseorang mendapatkan perawatan dan layanan yang mereka butuhkan dengan:
– Menjangkau dan memberi tahu mereka bahwa Anda siap membantu.
– Membantu mereka mengakses layanan kesehatan mental.
– Belajar dan berbagi fakta tentang kesehatan mental, terutama jika Anda mendengar sesuatu yang tidak benar.
– Memperlakukan mereka dengan hormat, sama seperti Anda memperlakukan orang lain.
– Menolak untuk mendefinisikan mereka dengan diagnosis mereka atau menggunakan label seperti “gila”.

9. Mitos:
Pencegahan tidak berhasil. Tidak mungkin untuk mencegah penyakit mental.

Fakta:
Pencegahan gangguan mental, emosional, dan perilaku berfokus pada penanganan faktor risiko yang diketahui seperti paparan trauma yang dapat memengaruhi kemungkinan anak, remaja, dan dewasa muda akan mengalami masalah kesehatan mental.

Mempromosikan kesejahteraan sosial-emosional anak-anak dan remaja mengarah pada:
– Produktivitas keseluruhan yang lebih tinggi
– Hasil pendidikan yang lebih baik
– Tingkat kejahatan yang lebih rendah
– Ekonomi yang lebih kuat
– Biaya perawatan kesehatan yang lebih rendah
– Peningkatan kualitas hidup
– Meningkatkan umur
– Kehidupan keluarga yang lebih baik.

(sumber: CNBC INDONESIA)

Lifestyle

Perluas Jaringan, DIGIMAP Apple Premium Partner Pertama di Sumatera Hadir di Medan

Published

on

Perluas Jaringan, DIGIMAP Apple Premium Partner Pertama di Sumatera Hadir di Medan

MEDAN – Memperluas jaringan bisnis produk Apple, retailer terkemuka di Indonesia, PT. Mitra Adiperkasa Tbk (MAP) atau DIGIMAP membuka gerai terbaru di Centre Point Mall Medan.

Dengan konsep toko terbaru Digimap Apple Premium Partner, gerai dengan konsep terbaru ini menempati area yang lebih besar dibanding sebelumnya dan merupakan gerai Apple Premium Partner pertama yang buka di pulau Sumatera.

Head Of Marketing Digimap, PT MAP Zona Perkasa, Farah Fausa Winarsih menuturkan bahwa kehadiran gerai ini tentu untuk memudahkan para pengguna Apple mendapatkan produk-produk menunjang aktivitas.

“Selain itu, juga berada berada di lokasi yang sangat strategis yaitu di pusat kota Medan, yang di mana Medan menjadi salah satu kota besar di Indonesia,” tuturnya, Kamis (6/4).

Digimap Apple Premium Partner menawarkan berbagai jenis produk Apple seperti iPhone, iPad, Apple Watch, Mac, dan aksesoris termasuk Airpods dan Airtag. Digimap Apple Premium Partner juga didukung dengan dukungan tim ahli yang terlatih di Apple akan meningkatkan pengalaman berbelanja semakin menyenangkan.

“Kami sangat senang membuka toko Apple Premium Partner pertama di Medan, menghadirkan rangkaian produk Apple yang menarik bagi pelanggan di Sumatera, karena Medan juga menjadi pangsa pasar yang cukup baik, banyak masyarakatnya menggunaka produk Apple, dan selalu mengupgrade jika ada produk-produk terbaru,” ucap Farah.

Ditambah dengan layanan purna jual yang luar biasa oleh tim ahli yang terlatih di Apple, ini dapat memberikan peran positif dalam memberikan informasi – informasi tentang produk Apple.

“Dan hari ini, untuk menandai pembukaan Digimap Apple Premium Partner di Medan, customer akan mendapatkan berbagai keuntungan dari berbagai jenis penawaran special, hanya berlaku di Digimap Apple Premium Partner Centre Point Medan, dari 6-9 April 2023 mendatang.

Gratis eksklusif merchandise untuk 100 customer pertama, diskon 200.000 untuk 50 customer pertama , bank cashback hingga 1.800.000, kemudian ada trade-in cashback hingga 1.000.000, gratis Cicilan persen dari Kredivo dan Down Payment 0 persen dari Home Kredit Indonesia, dan gratis Asuransi 6 bulan dari Qoala, serta 5X MAPCLUB Poin.

“Tentu, harapannya dengan gerai baru ini dapat meningkatkan pengalaman ritel yang akan menjadikan Digimap Centre Point Medan tujuan belanja utama untuk penggemar dan pelanggan Apple,” tandasnya.(wol/eko/d1) sumber: Waspada.Co.Id

Continue Reading

Lifestyle

Keluarga belum putuskan hak asuh anak Vanessa dan Bibi

Published

on

JONEWS.ID – Ayah dari almarhumah Vanessa Angel, Dody Sudrajat mengatakan bahwa cucunya Gala Sky Ardiansyah akan dirawat oleh kedua belah pihak keluarga, baik dari pihak Vanessa Angel maupun Bibi Ardiansyah, .

Dody mengungkapkan jika saat ini belum ada pembicaraan mengenai siapa yang akan menjadi wali asuh dari Gala. Namun dapat dipastikan jika anak yang baru berusia 1 tahun tersebut akan dirawat dengan baik.

“Jadi nanti mengenai cucu saya, Gala nanti akan kami komunikasikan dengan orangtuanya Bibi, mungkin nanti akan sama-sama kita rawat baik, mungkin dari (pihak) Vanessa atau Bibi juga akan dirawat dengan baik,” ujar Dody usai pemakaman Vanessa dan Bibi dikutip dari kanal YouTube CuapCuap pada Jumat (5/11).

Dody hanya berharap siapapun nanti yang mendapat hak asuh, Gala bisa menjadi anak yang saleh dan menjadi kebanggaan bagi mendiang kedua orangtuanya.

“Mudah-mudah anaknya menjadi anak yang saleh dan bisa menjadi kebanggaan orangtuanya,” kata Dody.

Saat ini Gala masih bersama kerabatnya yang berada di Surabaya. Rencananya, Gala baru akan tiba di Jakarta pada 6 November 2021.

“Masih di Surabaya, besok baru akan tiba di Jakarta dan akan ada yang jemput dari pihak keluarga Bibi,” ujar Dody.

Sementara itu, Dody mengatakan akan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian terkait dengan masalah kecelakaan yang terjadi di Tol Nganjuk, Jawa Timur, Kamis (4/11).

“Untuk sopir kami serahkan ke pihak kepolisian, itu nanti kan ada undang-undangnya. Saya serahkan ke kepolisian aja nunggu investigasinya. Ya kecewa pasti kecewa,” kata Dody.

Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah dikebumikan di Islam Taman Malaka, Pesanggrahan, Jakarta pada Kamis. Keduanya dimakamkan dalam satu liang lahat.

(sumber: ANTARA SUMUT)

Continue Reading

Lifestyle

Eternals dilarang Tayang di Arab, Angelina jolie buka suara

Published

on

JONEWS.ID – Bintang film Angelina Jolie angkat bicara terkait larangan film Marvel terbaru, Eternals, di beberapa negara Teluk Arab.

Ia menyebut keputusan itu ‘ignorant’ atau kurang pemahaman. Film yang telah tayang sejak 3 November itu sudah mengumpulkan angka besar di box office dengan cerita yang tidak biasa dari Marvel Cinematic Universe (MCU).

Kendati demikian, beberapa negara menolak menayangkan film itu.

Mengutip Gamerant, Senin (08/11/2021), negara-negara Teluk Arab seperti Arab Saudi, Kuwait, dan Qatar tidak akan menayangkan film Marvel terbaru itu. Ini lantaran menampilkan pasangan sesama jenis, serta pahlawan super gay pertama MCU.

Dalam satu adegan, karakter Phastos (Biran Tyree Henry) dan suaminya Ben (Haaz Sleiman) berciuman. Hubungan sesama jenis ilegal di kawasan Teluk dan film-film yang memiliki unsur LGBTQ kerap ditarik dari jadwal perilisan.

Hal ini mendorong Angelina Jolie untuk buka suaranya ke situasi tersebut.

“Saya sedih untuk [penonton itu],” kata Jolie selama wawancara pada saat konferensi pers film tersebut, dikutip dari Gamerant, Senin (08/11/2021).

Jolie berperan sebagai Thena yang kuat dalam film tersebut.

Jolie juga menggambarkan keputusan untuk menarik film tersebut sebagai tindakan bodoh.

“Saya bangga dengan Marvel karena menolak untuk memotong adegan-adegan itu. Saya masih tidak mengerti bagaimana kita hidup di dunia saat ini di mana masih ada [orang-orang yang] tidak akan melihat keluarga yang dimiliki Phastos dan keindahan hubungan itu dan cinta itu. Bagaimana orang marah tentang hal itu, terancam olehnya, tidak menyetujui atau menghargainya merupakan hal yang bodoh,” tuturnya.

Dalam film tersebut, Brian Tyree Henry memerankan Phastos, pahlawan tech-savvy dari grup Eternals. Setelah berpisah ketika kelompok itu percaya telah membunuh para penyimpang terakhir, Phastos menikah dengan bahagia dengan seorang seorang pria bernama Ben, yang diperankan oleh penduduk asli Dubai Haaz Sleiman.

Laporan menunjukkan bahwa Eternals masih akan bermain di negara-negara Teluk lainnya seperti Dubai (UEA), Yordania, Lebanon, dan Mesir, tetapi penonton akan disajikan dengan adegan yang diubah dan menghilangkan momen intim heteroseksual dan homoseksual.

Ini bukan film pertama Disney yang dilarang. Tahun lalu, film animasi Pixar, Onward, juga dilarang di banyak negara Teluk karena film tersebut menampilkan karakter LGBTQ yang disuarakan oleh Lena Waithe.

Meskipun Eternals akan bermain di negara-negara Teluk lainnya, penonton tidak akan mengalami cerita seperti yang dimaksudkan.

Film ini merupakan pertama kalinya Marvel mengenalkan sekelompok makhluk yang merupakan campuran genetik dari manusia dan Celestial. Chloe Zhao ditunjuk sebagai sutradara film ini. Zhao merupakan sutradara dari film pemenang Oscar.

Dalam film Eternals, penonton akan melihat aksi Angelina Jolie, Gemma Chan, Richard Madden, Kumail Nanjiani, Lauren Ridloff, Brian Tyree Henry, Salma Hayek, Lia McHugh, Don Lee dan Kit Harrington.

(sumber: CNBC indonesia)

Continue Reading

Trending