Connect with us

Teknologi

iMac warna-warni dirumorkan hadir di Apple Event 2021

Published

on

iMac Pro

JAKARTA – Selain akan tampil dengan desain baru, iMac dilaporkan akan miliki lima varian model warna baru yang dapat dipilih oleh pengguna. Dan kabarnya dalam gelaran Apple Event 2021 pada 20 April mendatang, Apple akan memperlihatkan iMac terbaru ini.

Seperti dilaporkan Gto5mac, leaker produk Apple L0vetodream memposting tweet yang memberi isyarat bahwa Apple akan mengumumkan iMac warna-warni generasi terbaru di Apple Event 2021.

Dalam unggahan tweetnya, L0vetodream juga mencantumkan 2 gambar yang menampilkan logo Apple Event 2021 ‘Spring Loaded’ dan jajaran iMac G3 warna-warni.

Melihat kondisi Apple yang sedang menjalankan transisi prosesor ke Apple Silicon, sepertinya iMac warna-warni ini juga akan ditenagai oleh prosesor Apple Silicon.

Selain itu, Mark Gurman dari Bloomberg menyebutkan bahwa iMac terbaru akan menampilkan desain layar penuh seperti Pro Display XDR dan body belakang yang lebih tipis dan rata.

Laporan Mark Gurman ini secara umum menggambarkan iMac baru sebagai salah satu ‘Visual Update’ terbesar dari Apple di tahun ini. Jajaran iMac terbaru diharapkan memiliki peningkatan ukuran layar dari 21.5 inci menjadi 24 inci dan dari 27 inci menjadi 30 inci.

Sebelumnya, Melalui channel Front Page Tech, Youtuber Jon Prosser Jon telah melaporkan bahwa iMac baru Apple akan tersedia dalam berbagai warna yang mirip dengan iPad Air 2020.

Tweet terbaru L0vetodream tampaknya menguatkan itu, dan menyarankan bahwa setidaknya satu model akan diumumkan minggu depan.

Menurut Jon, tujuan dari Apple merilis lima varian warna baru bagi iMac keluaran 2021 adalah untuk memberikan kesan nostalgia kepada pengguna terhadap warna-warna original dan ikonik dari iMac itu sendiri.

Seperti dilaporkan Bloomberg, dalam sebuah kabar terbaru, pengguna akan mendapatkan iMac dengan model baru yang akan dirilis tahun ini. Pengguna akan melihat perangkat iMac baru yang disebut akan menyerupai monitor milik Apple, yakni Pro Display XDR.

Akan ada dua model iMac baru yang akan diluncurkan tahun ini, yang akan menggantikan model 21,5, 27, dan 30 inci. Namun, belum diketahui apakah ukuran layarnya akan tetap sama atau lebih besar, dan tentu saja akan ada varian yang menggunakan Apple Silicon.

Laporan menyebut bahwa ini menjadi perubahan visual paling signifikan dari produk Apple lainnya pada tahun ini.

iMac yang saat ini tersedia di pasar berbekal spesifikasi kelas atas serta layar dan desain menawan, namun dinilai sejumlah pihak ketinggalan jaman selama beberapa tahun terakhir, sehingga perubahan ini disambut baik.

Revisi terakhir terfokus pada peningkatan kecepatan, webcam lebih baik, dan penambahan opsi untuk lapisan layar matte atau nano-texture.

 

(selular.id)

Teknologi

Cara Mengatasi Laptop Restart Sendiri

Published

on

Ilustrasi. Cara mengatasi laptop restart sendiri untuk pengguna Windows 10 dan 7 (StartupStockPhotos)

JAKARTA -Cara mengatasi laptop restart sendiri merupakan salah satu keahlian yang mungkin kamu butuhkan.

Sebab, mungkin saja PC mengalami restart tiba-tiba ketika penggunanya sedang bekerja. Hal itu tentu saja dapat membuat panik dan mengganggu pekerjaan yang sedang dilakukan.

Tidak hanya menunda pekerjaan, tetapi bisa saja data yang belum disimpan hilang begitu saja karena PC mati mendadak.

Mengutip Alphr, pengguna Windows 10 terbilang sering mengalami laptop restart secara acak. Hal ini karena fitur yang menginstruksikannya.

Ilustrasi. Cara mengatasi laptop restart sendiri untuk pengguna Windows 10 dan 7 (StartupStockPhotos

Tidak hanya pengguna Windows 10, laptop yang sering kali restart sendiri juga biasa terjadi pada Windows 7.

Windows 10

Berikut cara mengatasi laptop restart sendiri untuk pengguna Windows 10 yang bisa dilakukan:

Ketiklah This PC/My Computer atau Computer di kotak pencarian.

Klik kanan pada hasilnya

Pergi ke properti atau Properties

Klik Advanced System pada menu sebelah kanan

Kemudian pilih Pengaturan di bawah Startup and Recovery

Hapus centang pada fitur Restart otomatis atau Automatically restart, lalu OK

Fitur restart secara otomatis telah non-aktif. Kamu bisa melanjutkan pekerjaan dan melihat apakah persoalan PC sudah teratasi.

Ada alasan lain PC kerap restart sendiri. Salah satunya mungkin pengaturan daya yang tidak dikonfigurasi dengan benar. Berikut langkah untuk mengatasinya.

Masukkan Power Options atau Opsi Daya di kotak pencarian

Pilih Edit Power Plan

Pilih ubah pengaturan daya lanjutan atau change advanced power settings

Tetap di bagian balanced section dan klik processor power management.

Pilih minimum processor dan atur 5 persen atau bahkan 0 persen

Klik Apply lalu Ok

Jika Windows 10 masih mengalami masalah dengan restart sendiri, mungkin kamu perlu memperbarui BIOS, periksa overheating dan hardware.

Windows 7

Persoalan restart sendiri juga bisa dialami oleh pengguna Windows 7.

Berikut langkah yang bisa kamu lakukan:

Matikan fitur restart otomatis atau automatic restart feature

Arahkan ke Start atau Mulai lalu Computer

Klik kanan pada Properties dan pindah ke Advanced system settings

Klik settings di bagian Startup and Recovery section

Hapus centang pada kotak di sebelah restart otomatis

Pilih Ok lalu lanjutkan dengan menggunakan komputer secara normal

Jika masalah kembali terjadi, kamu bisa mengecek RAM dengan langkah berikut:

Buka performance monitor dengan menekan +R lalu ketik perfmon dan klik OK

Tunggulah 60 detik untuk sistem mengumpulkan data

Mengutip CNN Indonesia, hasilnya akan terlihat di tab hasil diagnostik. Akan ada tiga bagian yaitu informasi, pemeriksaan sistem dasar dan ikhtisar sumber daya. Jika ada masalah serius, kamu akan melihat bagian peringatan. Jika tidak ada, cari masalah RAM di bawah ikhtisar sumber daya atau resource overview.

Kamu juga bisa memeriksa atau mengganti catu daya atau power supply yang ada di penutup belakang laptop. Atau sebaiknya kamu juga memeriksa apakah laptopmu overheating.

Demikian cara mengatasi laptop restart sendiri yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!(glo/juh/CNN.Indonesia)

Continue Reading

Teknologi

Begini cara menghilangkan nama di WA Agar Tampil ‘Misterius’

Published

on

Foto: Infografis/Fitur yang akan ada di Whatsapp/Arie Pratama

OKESERU.COM – WhatsApp sebenarnya memiliki sejumlah fitur privasi yang bisa dimanfaatkan penggunanya. Salah satunya menyembunyikan nama profil agar tak terlihat.

Meski formalnya aplikasi itu tidak mengizinkan, tapi ada trik yang bisa dilakukan. Berikut rangkuman dikutip dari blog hexcode.in.

Buka WhatsApp melalui HP/PC

-Pilih setting di WhatsApp

-Pilih nama dan hapus

-Copy dua simbol, yakni anak panah dan koma

-Hapus tanda panah sehingga menyisakan koma saja

-Simpan

Sejumlah netizen, seperti dikutip dari CNB Indonesia mengaku cara ini efektif menghilangkan nama mereka dalam blog tersebut. Ini bisa diaplikasikan di android dan i-phone.

(Sumber:CNBC Indonesia)

Continue Reading

Teknologi

Cara ubah STNK setelah pasang stiker di mobil

Published

on

JONEWS.ID – Pemilik mobil yang mengubah warna, misalnya menutupi bodi menggunakan stiker, wajib mengajukan perubahan keterangan warna kendaraan di STNK ke kepolisian. Jika tidak maka pemilik bisa diberikan sanksi pidana atau denda seperti kejadian pada Rachel Vennya.

Setelah diduga kabur dari karantina Covid-19, masalah selebgram yang belakangan lagi jadi sorotan itu merembet sampai ke soal pelat nomor, STNK, dan warna mobilnya yang berubah. Toyota Vellfire milik Rachel berwarna putih menurut STNK, namun sempat diketahui ditutupi stiker hitam doff sebelum akhirnya dilepas.

Menutupi bodi mobil menggunakan stiker sehingga warnanya berubah merupakan pelanggaran bila keterangan warna kendaraan di STNK tidak ikut menyesuaikan. Jika belum direvisi, pengemudi yang mengemudikan mobil seperti ini di jalan bisa dianggap kepolisian tidak memiliki STNK yang sah.

Cara mengubah STNK agar sesuai warna mobil yang baru bisa dilakukan dengan mudah. Dimulai dari melengkapi syarat awal administrasi berupa dokumen identitas diri dan mobil.

Apabila mobil atas nama perorangan data yang harus disiapkan ialah KTP, SIM, Kartu Keluarga, dan paspor jika diperlukan. Bila Anda tak dapat mengurus sendiri, proses ganti warna mobil di STNK dapat diwakilkan dengan melampirkan surat kuasa disertai materai Rp6.000.

Untuk identitas kendaraan yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut:
– STNK asli dan fotokopi
– BPKB asli dan fotokopi
– Bukti pelunasan PKB/BBNKB tahun terakhir
– Surat keterangan penggantian warna bermaterai, SIUP serta NPWP dari bengkel yang mengubah warna.

Syarat terakhir perlu diperhatikan sebab sebelum memutuskan mengganti warna wajib memastikan bengkel yang melakukan perubahan memiliki SIIP dan NPWP.

Biaya ganti warna mobil di STNK
Penggantian warna mobil di STNK sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2016 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Penerbitan BPKB baru untuk mobil atau kendaraan roda empat dan lebih dikenakan biaya Rp375 ribu, dan penerbitan STNK baru Rp200 ribu serta pengesahan STNK biayanya Rp50 ribu.

Sementara kendaraan roda dua atau roda tiga biaya penerbitan BPKB Rp 225 ribu, Penerbitan STNK baru Rp100 ribu serta pengesahan STNK Rp25 ribu.

Sebagai informasi, bila hanya mengubah warna tidak lebih dari 20 persen dari warna asli pada data kendaraan, pemilik tidak perlu melakukan atau mengurus ganti warna mobil di STNK.

Cara ganti warna mobil di STNK
Mengurus ganti warna mobil di STNK tak jauh bedanya dengan meregistrasi kendaraan baru.

Selain data diri dan kendaraan yang sudah disiapkan, bawa juga mobil sudah berubah warna ke kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) sesuai wilayah yang ada di KTP.

Sebelum melakukan registrasi, Anda wajib mengisi formulir dan cek fisik kendaraan. Setelah selesai, nantinya petugas akan memberikan bukti hasil cek fisik kendaraan yang akan dilampirkan bersama dengan formulir ke loket registrasi.

Proses itu tak berlangsung lama, bahkan STNK dan BPKB bisa langsung jadi di hari yang sama. Jadi Anda tak perlu bolak-balik kantor Samsat.

(sumber: CNN Indonesia)

Continue Reading

Trending