Connect with us

Tips & Trik

Es Putri Salju, segar banget buat buka Puasa!

Published

on

Es Putri Salju (foto: dok.femina)

Kreasi minuman buka puasa yang terinspirasi dari minuman kekininan yang menggunakan jamur salju.

Selain leci bisa juga menggunakan buah longan atau lengkeng kalengan. Tambahan jeruk nipis jadi kunci kesegarannya.

Untuk 8 porsi

Bahan:

  • 1 buah jamur salju kering
  • ½ bungkus agar agar putih, masak sesuai instruksi pada kemasan
  • 100 ml kental manis
  • 1 kaleng leci kalengan
  • 350 g nata de coco, tiriskan
  • 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • 500 ml air soda  lemon
  • Es batu

Cara membuat:

  1. Rendam jamur dalam air panas hingga lunak (10 menit). Buang airnya, ulangi proses perendaman 1-2 kali lagi hingga bau langu jamur berkurang.
  2. Suwir-suwir jamur, buang bagian bonggolnya yang keras.
  3. Rebus jamur dalam air mendidih hingga matang (10 menit). Angkat, tiriskan. Sisihkan.
  4. Serut agar-agar menggunakan parutan keju ukuran besar.
  5. Campur semua bahan, aduk rata. Sajikan dingin.(f)

 

(Isyana Atiningmas/femina.co.id)

Tips & Trik

Lebih irit, Manfaatkan lima fasilitas kos ini

Published

on

JONEWS.ID – Memang menjadi mahasiswa rantau jauh dari orang tua diharuskan beradapatasi dengan lingkungan baru, dan belajar menjadi orang dewasa yang mampu mengelola keuangan tiap bulannya. Kamu harus menghemat dalam menentukan mana yang harus dibeli atau tidak. Bila isi dompet sudah menipis, sementara belum waktunya orang tua untuk mengirim jatah bulanan, pasti Anda kesusahan untuk bertahan hidup.

Apabila Kamu tinggal di kos-kosan yang menyediakan fasilitas lengkap, manfaatkanlah. Dengan mempergunakan fasilitas yang ada, Kamu bisa menghemat pengeluaran. Biasanya kos-kosan dengan fasilitas lengkap, menyediakan fasilitas bersama seperti dapur umum, tempat jemuran yang dilengkapi dengan tempat untuk mencuci, ruang untuk menerima tamu, ruang untuk belajar bersama yang dilengkapi dengan wifi.

Supaya tidak banyak pengeluaran, manfaatkan fasiltas kos secara maksimal.

1. Dapur umum
Hampir semua kosan yang dekat dengan kampus menyediakan fasilitas dapur umum. Di dalamnya disediakan alat masak seperti kompor. Kompor tersebut bisa Kamu gunakan untuk membantu menghemat uang bulananmu. Daripada terlalu sering beli makan di luar, lebih baik memasak sendiri. Dengan mengeluarkan uang Rp 10.000 hingga Rp 15.000, Kamu sudah bisa membeli sayur dan lauk beserta bumbunya yang bisa diolah untuk tiga kali makan.

2. Dispenser
Selain kompor, di dapur kosan biasanya juga disediakan dispenser air yang bisa dipakai bersama. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mengambol air dari dispenser daripada harus membeli galon sebulan sekali/dua kali maupun air mineral ukuran 1.000 mililiter.

3. Kulkas
Kamu juga bisa memanfaatkan kulkas untuk menyimpan makanan, minuman dan buah-buahan supaya tidak sering jajan di luar. Cara ini juga dapat menghemat pengeluaran karena makanan yang disimpan dalam kulkas bisa diolah keesokan harinya. Tapi ingat, rajinlah untuk mengolah dan mengonsumsinya, jangan hanya asal beli lalu disimpan di kulkas.

4. Tempat mencuci
pakaian Salah satu kebutuhan anak kos yang memakan biaya adalah kebutuhan sandang.
Rata-rata anak rantau tidak membawa banyak baju dan tidak punya waktu untuk mencucinya, akhirnya semua pakaian yang habis dipakai sering dibawa ke tempat laundry. Daripada laundry sampai berkilo-kilo, coba pisahkan baju yang bisa dicuci sendiri sekalian olahraga.

5. Wifi
Salah satu pengeluaran terbesar mahasiswa zaman sekarang ialah membeli paket data untuk mengerjakan tugas kuliah. Padahal kos-kosan sekarang pasti sudah dilengkapi wifi dan ruang belajar atau ruang tengah.
Daripada di luar yang mengharuskanmu mengeluarkan banyak uang, lebih baik mengerjakan tugas di kosan atau di perpustakaan kampus agar lebih hemat tapi tugas tetap selesai.

(sumber: KOMPAS.COM)

Continue Reading

Kuliner

Resep Wafel Ricotta ala Chef Pastry

Published

on

Wafel dengan potongan stroberi. (foto: republika)

Beberapa bulan yang lalu, salah seorang chef pastry Ravneet Gill, baru saja membeli mesin wafel. Ia mulai sangat rajin membuat wafel. Hampir setiap hari ia membuat wafel, mulai dari wafel Liège dengan adonan gula mutiara, hingga wafel manis standar dan juga wafel gurih.

Kemudian, ia mencoba untuk membuat wafel dengan salah satu bahan favoritnya, ricotta. Secara mengejutkan hasilnya memuaskan. Wafel terasa lembut dan berwarna keemasan sempurna. “Saya membuat adonannya dulu, memasaknya, lalu memasukkannya ke dalam pemanggang roti di pagi hari,” kata dia seperti dikutip dari republika.co.id.

Raspberry, blackberry, dan blueberry adalah pendamping yang sangat luar biasa cocok untuk wafel. Jika tidak sedang dalam musimnya, bisa menggunakan buah beku.

Berikut ini merupakan bahan dan cara membuatnya.

Bahan:
250 gr ricotta
100 ml susu murni
40 gr madu (lebihkan untuk disajikan)
2 butir telur
120 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
1 jumput garam halus
1 kulit buah jeruk
50 gr butter (lelehkan dan dinginkan sedikit)
1 mentega (untuk disajikan)
Beberapa buah musiman (berry beku untuk disajikan)

Cara membuat:
– Dalam mangkuk besar, aduk ricotta, susu, madu, dan telur hingga tercampur rata. Dalam mangkuk kedua, aduk tepung terigu, baking powder, garam, dan kulit jeruk hingga tercampur rata.

– Campurkan kedua bahan itu secara perlahan, lalu masukkan mentega cair. Tutup mangkuk dan diamkan adonan selama 30 menit.

– Sementara itu, panaskan mesin wafel hingga sedang. Setelah diistirahatkan, sendokkan sendok adonan ke dasar mesin yang sudah panas, dan masak selama empat menit, sampai berwarna cokelat keemasan. Ulangi dengan sisa adonan yang ada.

– Lalu sajikan dalam keadaan panas dan taburi dengan mentega asin, sedikit madu, dan buah musiman.

 

(republika.co.id)

Continue Reading

Artikel

Agar Kredibel dan tepercaya, ini cara cek pinjaman online terdaftar OJK

Published

on

ilustrasi (foto: suara.com)

Sekarang ini, ada banyak sekali situs maupun aplikasi layanan pinjaman online atau pinjol yang bisa diakses oleh masyarakat dengan mudah dan gratis. Sayangnya, tak semua platform produk pinjaman digital tersebut legal, kredibel, dan aman digunakan.

Oleh karena itu, bagi Anda yang berniat mengajukan pinjaman secara online, pastikan untuk bersikap selektif dan waspada dalam memilih layanan. Dengan begitu, rencana mendapatkan bantuan dana tunai guna menuntaskan problem finansial yang tengah menghadang dapat lebih mulus Anda jalani.

Sebelum mengajukan pinjaman, terdapat satu hal penting yang wajib Anda pastikan pada penyedia layanannya terlebih dulu. Hal tersebut adalah status dan izin usahanya dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK sebagai lembaga resmi negara yang mengawasi aktivitas jasa keuangan di Indonesia.

Syarat mengantongi izin usaha OJK ini sangat direkomendasikan agar Anda terhindar dari potensi tertipu dan terjebak layanan pinjol abal-abal yang mencekik keuangan. Lantas, bagaimana cara untuk mengetahui layanan pinjaman online terbaik dan terdaftar OJK? Tak perlu risau, berikut sudah terangkum cara untuk mengecek apakah layanan pinjaman online terdaftar OJK atau tidak seperti dikutip dari laman suara.com.

Pentingnya Mengajukan Pinjaman Online pada Layanan Terdaftar OJK

Anda pasti pernah mendengar berita tentang seseorang yang terlilit utang akibat mengajukan pinjaman secara online di layanan ilegal. Ya, faktanya, layanan pinjol abal-abal masih banyak bersliweran di dunia maya dan siap menerjang masyarakat awam yang tak familier dengan produk keuangan digital tersebut. Oleh karena itu, guna menjamin rasa nyaman serta kenyamanan layanan, Anda perlu mengajukan pinjaman online yang terdaftar OJK.

Jika memaksa mengajukan pinjaman pada layanan ilegal, besar kemungkinan Anda akan bernasib sama dengan orang-orang yang terlilit utang akibat bunga selangit. Tak hanya itu, layanan pinjol ilegal juga seringkali memangkas dana pinjaman yang diajukan dengan alibi biaya pendaftaran, administrasi, dan lain sebagainya.

Dibarengi dengan tenor atau waktu pengembalian relatif singkat, tak mengherankan jika pinjaman online ilegal sangat berisiko mengacaukan keuangan penggunanya. Kalau cicilan pinjol palsu sudah menunggak, siap-siap hidup Anda menjadi tidak tenang karena mendapatkan teror dari debt collector nyaris setiap hari. Oleh karena itu, jika Anda berencana memanfaatkan pinjaman online untuk menyelesaikan masalah keuangan mendesak, pastikan mencari layanan yang legal, kredibel, dan terdaftar OJK agar tak mengalami hal-hal tak mengenakkan di atas dan menyesal belakangan.

Cara Cek Status Terdaftar dan Izin Usaha Pinjaman Online di OJK
Ancaman utama dari menggunakan pinjaman online datang dari layanan ilegal dan tak terdaftar OJK. Tak sesuai dengan regulasi yang diterbitkan OJK, tingkat bunga dan tenor pelunasan pada pinjaman online abal-abal biasanya bisa sangat mencekik keuangan penggunanya.

Untuk itu, Anda harus mengecek status terdaftar dan izin usaha OJK pada sebuah layanan pinjaman online. OJK sendiri merupakan lembaga yang bertugas untuk mengatur, mengawasi, hingga melakukan penyelidikan terhadap seluruh aktivitas jasa keuangan di Indonesia. Berikut adalah cara mengecek status terdaftar dan izin usaha dari pinjaman online di OJK.

– Cek Langsung di Website Resmi OJK
Cara pertama yang bisa dilakukan untuk memastikan bahwa layanan pinjaman online yang akan Anda gunakan terpercaya dan aman digunakan adalah dengan mengeceknya langsung di situs OJK.

Pada halaman utamanya, klik menu Publik, kemudian pilih opsi Berita dan Kegiatan, lalu Publikasi. Di halaman selanjutnya, Anda dapat mencari berita publikasi dengan tajuk “Penyelenggara Fintech Terdaftar & Berizin di OJK”. Pada judul publikasi tersebut biasanya terdapat daftar pinjaman online terdaftar di versi terbarunya. Sebagai contoh, per tanggal 30 April 2020, terdapat 161 daftar nama penyelenggara fintech terdaftar yang dirilis oleh OJK.

– Hubungi Kontak OJK secara Langsung
Tak hanya melalui halaman Publikasi yang dapat diakses pada website resmi OJK, mengecek status terdaftar dan izin usaha dari pinjaman online juga bisa dilakukan dengan cara menghubungi kontak OJK dan menanyakannya secara langsung. Untuk bisa menghubungi kontak OJK yang resmi, Anda dapat melakukan sambungan telepon ke nomor (021) 2960 0000, maupun melalui e-mail.

Ajukan Pinjaman sesuai Kebutuhan agar Cicilannya Tak Terlalu Memberatkan Keuangan
Setelah mengetahui bagaimana cara mengecek status terdaftar OJK dan legalitas pinjaman online, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengajukan pinjaman sesuai kebutuhan. Usahakan pula untuk memiliki alasan atau tujuan yang jelas sebelum mengajukan pinjaman online dan bukan untuk memenuhi kebutuhan konsumtif semata. Dengan begitu, beban cicilannya agar tetap terkontrol dan tak sampai memberatkan keuangan Anda.

 

(suara.com)

Continue Reading

Trending