Connect with us

Olah Raga

MotoGP Portugal: Fabio Quartararo sukses jadi juara

Published

on

Fabio Quartararo (foto: dok.kompas)

PORTIMAO – Fabio Quartararo sukses menjuarai MotoGP Portugal yang digelar di Algarve International Circuit, Portimao, Portugal, Minggu (18/4/2021) malam WIB. Pembalap Monster Energy Yamaha ini sukses memenangi persaingan dengan Francesco Bagnaia dan Joan Mir.

Dalam balapan kai ini, Quartararo mengawali balapan dengan kurang baik karena melorot ke peringkat keenam selepas start. Posisi terdepan dipegang Johann Zarco yang start dari posisi ketiga, lalu dibuntuti Alex Rins di posisi kedua.

Di sisi lain, Marc Marquez sempat mengejutkan dengan bisa merangsek ke peringkat ketiga usai start dari peringkat keenam. Sayang posisi Baby Alien terlempar ke urutan kesembilan selepas tiga lap.

Pelan tapi pasti, Quartararo bisa memperbaiki posisinya untuk meramaikan empat besar, sekaligus bersaing sengit dengan  Zarco, Rins, serta Mir.

Memasuki lap ke-7, Rins naik memimpin balapan disusul Quartararo di belakangnya, disusul Mir pada peringkat ketiga, sedangkan Zarco di posisi keempat.

Quartararo akhirnya bisa menyalip Rins untuk merebut posisi terdepan, dan bisa mempertahankannya meski terus mendapat tekanan dari Rins.

Nasib sial dialami Alex Rins yang mengalami crash saat balapan menyisakan tujuh lap. Perebutan posisi kedua menjadi ketat antara Zarco, Francesco Bagnaia dan Mir.

Satu lap berselang, Zarco mengalami kecelakaan sehingga membuat Bagnaia naik ke peringkat kedua diikuti Mir di urutan ketiga.

Quartararo kemudian tak tersentuh untuk memenangi balapan di MotoGP Portugal 2021. Posisi Bagnaia dan Mir juga tak berubah hingga balapan berakhir untuk meraih podium kedua dan ketiga.

Dengan tambahan 25 poin kali ini, Quartararo kini duduk di posisi teratas klasemen MotoGP dengan raihan 61 poin. Koleksi angka itu merupakan kumpulan dari kemenangan di MotoGP Doha dan finis kelima di MotoGP Qatar.

Bagnaia ada di urutan kedua dengan koleksi 46 angka. Sementara Maverick Vinales memang cuma mendapatkan 5 poin hasik finis ke-11. Tapi, itu sudah cukup untuk membawanya menempati posisi ketiga klasemen MotoGP dengan koleksi 41 poin.

Hasil MotoGP Portugal 2021

Pos Rider Nat Team Time/Diff
1 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1) 41m 46.412s
2 Francesco Bagnaia ITA Ducati Team (GP21) +4.809s
3 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) +4.948s
4 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1) +5.127s
5 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16) +6.668s
6 Aleix Espargaro SPA Aprilia Gresini (RS-GP) +8.885s
7 Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V) +13.208s
8 Alex Marquez SPA LCR Honda (RC213V) +17.992s
9 Enea Bastianini ITA Avintia Ducati (GP19)* +22.369s
10 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) +23.676s
11 Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1) +23.761s
12 Luca Marini ITA Sky VR46 Avintia Ducati (GP19)* +29.660s
13 Danilo Petrucci ITA KTM Tech3 (RC16) +29.836s
14 Lorenzo Savadori ITA Aprilia Gresini (RS-GP)* +38.941s
15 Iker Lecuona SPA KTM Tech3 (RC16) +50.642s
16 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16) +1 lap
  Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP21) DNF
  Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) DNF
  Valentino Rossi ITA Petronas Yamaha (YZR-M1) DNF
  Jack Miller AUS Ducati Team (GP21) DNF
  Pol Espargaro SPA Repsol Honda (RC213V) DNF

 

 

(Andika Primasiwi/ Crash/suaramerdeka)

Olah Raga

Peparnas bukan halangan untuk meraih Prestasi, Presiden Jokowi: Torang hebat!

Published

on

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menutup Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI, Sabtu (13/11/2021). Jokowi pun menyampaikan pesan dari penyelenggaraan Peparnas ini bukanlah halangan untuk meraih prestasi

JONEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menutup Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI, Sabtu (13/11/2021). Jokowi pun menyampaikan pesan dari penyelenggaraan Peparnas ini bukanlah halangan untuk meraih prestasi.

“Bapak Ibu dan para atlet, Peparnas ini menyampaikan banyak pesan. Peparnas ini menunjukkan bahwa kesulitan bukanlah halangan dengan konsistensi dan kerja keras segala kesulitan bisa kita atasi. Bahkan berbagai prestasi bisa kita raih,” kata Jokowi saat penutupan Peparnas di Papua, Sabtu (13/11/2021).

Ditambahkan Jokowi , dengan terselenggaranya Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Peparnas di Papua, menunjukkan kebangkitan Olahraga nasional.

“Melalui PON dan Peparnas di Papua ini kita juga menunjukkan kebangkitan besar Olahraga Nasional kita. Kita juga merayakan keberagaman, kita juga menghormati kesetaraan dan bersama-sama kita meraih prestasi yang mengharumkan bangsa dan negara,” katanya.

Jokowi pun mengucapkan terimakasih atas kerja keras semua pihak yang telah menyukseskan Peparnas ke-16 ini. Menurutnya, keberhasilan ini menunjukkan bahwa torang hebat.

“Saya tegaskan sekali lagi, bukan hanya torang bisa tetapi semua ini menunjukkan bahwa torang hebat, sekali lagi torang hebat,” ungkapnya.

“Maka dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa dengan mengucap Alhamdulillahirobbilalamin, malam hari ini Pekan Paralimpik Nasional ke-16 di Papua tahun 2021 secara resmi saya tutup. Sampai berjumpa di Sumatera Utara dan Aceh. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, salam olahraga, salam olahraga. Terima kasih,” tutup Jokowi.

(sumber: SINDONEWS.COM)

Continue Reading

Olah Raga

Kejurda Piala Wali Kota Medan, Ketua KONI sebut ajang seleksi Porprov Sumut

Published

on

Wali Kota Medan M Bobby Afif Nasution dan Ketua Umum KONI Kota Medan Eddy Sibarani pose bersama para atlet usai pembukaan kejuaraan Piala Wali Kota Medan 2021 di Gelanggang Remaja Medan, Sabtu (6/11/2021).

JONEWS.ID – Ketua KONI Kota Medan Eddy Sibarani mengatakan ada sembilan Cabang Olahraga (Cabor) yang nantinya mengikuti kejuaraan daerah Piala Wali Kota Medan.

Kejuaraan ini, kata Eddy, dimulai pada 6-28 November 2021, dan akan dibuka oleh Wali Kota Medan di cabor Pencak Silat yang berada di Gelanggang Remaja, Medan.

Eddy menyatakan, nantinya ada 1.780 atlet yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan ini.

“Semua pertandingan tentunya digelar dengan menerapkan Protokol Kesehatan Cegah Covid-19,” katanya, Senin (8/11/2021).

Kesembilan cabor tersebut, katanya, masing-masing biliar, catur, pencak silat, karate, wushu, petanque, renang, sepakbola dan tenis meja.

Ia mengaku Kejuaraan Piala Wali Kota ini juga sebagai ajang seleksi untuk tim Kota Medan ke Porprov Sumut 2022.

“Di mana arena seleksi kontingen Sumut menuju PON 2024 yang akan diselenggarakan di Sumut dan Aceh,” ujarnya.

Eddy juga menyatakan dalam hal ini, Pemko Medan berkomitmen dengan pengadaan fasilitas olahraga di Kota Medan.

“Pak Wali kemarin saat pembukaan menginginkan atmosfer dari kegiatan olahraga bisa lebih baik lagi di sini (Medan),” katanya.

Kemarin pak Wali juga menyatakan hal tersebut. Maka dari itu, pak Wali akan mensupport semua fasilitas olahraga. Termasuk juga fasilitas sepakbola, Catur, Renang, Petanque, Karate dan Pencak Silat,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution menyatakan pihaknya sudah memberi tugas agar Dispora Medan untuk membangun fasilitas cabor.

“Ayo cepat-cepatan kita membangun gelanggang olahraga biar para atlet kita punya rumahnya, rumah latihan, rumah berkumpul tempat para atlet membentuk mental di dalam lapangan,” kata Wali Kota Medan.

Bobby juga mengakui kurangnya geliat olahraga pada beberapa waktu belakangan ini, tetapi itu dikarenakan pandemi Covid-19.

“Hari ini atas kerjasama kita semua, seluruh masyarakat Kota Medan, dan stakeholder, telah ikut membantu Pemko Medan menangani Covid 19 sehingga Kota Medan telah masuk PPKM Level 2, dan kami berterima-kasih,” ucapnya.

“Kegiatan-kegiatan untuk mendukung pembangunan, termasuk pembangunan SDM tetap harus dilanjutkan terutama SDM yang harus dibentuk secara sportitivitas dan mental.

Akan berbeda mental dan kekuatan ketika menerima pelatihan dari cabor. Mental atlet beda, selain fisik yang  kuat, mental juga beda. Dan ketika di luar lapangan mental ini akan terbawa dan bisa lebih bersaing,” pungkasnya

(sumber: TRIBUNE MEDAN)

 

Continue Reading

Olah Raga

Putri Aulia bidik emas di Peparnas Papua

Published

on

JONEWS.ID – Sprinter putri Sumatera Utara, Putri Aulia, mengusung target meraih medali emas pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2021/XVI di Papua.

Adanya pembatasan nomor pertandingan bagi atlet kelas Elite, bagi putri hal itu tidak masalah. Betarung di nomor lari 100 meter, atlet kelahiran Sei Rotan, 23 Juli 1994 ini targetkan medali emas bisa dipertahankan seperti pencapaian Peparnas sebelumnya.

“Atlet pelatnas cuma bisa ikut satu nomor. Terus juga atlet yang pernah pelatnas dan ikut tanding di event internasional. Jadi, kayak aku cuma bisa ikut 100 meter. Tidak apa cuma satu nomor. Insya Allah emas,” ujar Putri di Kota Jayapura, Jumat.(5/11)

Selain target emas, anak pertama dari tiga bersaudara ini juga ingin memperbaiki limit waktunya pada Paralimpiade lalu. Namun, menurut lulusan Universitas Negeri Medan ini akan tetap berusaha maksimal tanpa menjadi beban pribadi.

“Selain emas yang Insya Allah bisa perbaiki waktu saya di Jepang lalu yakni 12,05 detik. Kalau di Peparnas belum tau, karena beda tarikan. Insya Allah bisa lah,” katanya.

Baru saja tampil di ajang Paralimpiade, saat ini kondisi Putri tidak ada cedera serius yang dialami, bahkan, dirinya siap memberikan performa apik di Peparnas kali ini.

“Semua atlet pasti ingin menjadi juara. Makanya saya tetap jaga kondisi kesehatan dan performa agar fokus dipertandingan,” ujar Putri.

Putri sebelumnya mempersembahkan 4 medali emas di Peparnas 2016 Jawa Barat. Kemudian tiga emas pada ASEAN para Games 2017 Malaysia, serta satu emas dan perunggu di Asian Para Games 2018.

Kemudian satu perak dan perunggu di Grand Prix Tunisia 2019, emas di Grand Prix Paris 2019, serta perunggu di Grand Prix Tunisia 2021.

(sumber: ANTARA SUMUT)

Continue Reading

Trending