Connect with us

Otomotif

IIMS Hybrid 2021 resmi dibuka, bisa datang ke JIExpo atau lewat virtual

Published

on

Foto: Grandyos Zafna. IIMS Hybrid 2021.

JAKARTA – Setelah beberapa kali diundur, akhirnya gelaran offline Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 resmi dibuka, Kamis (15/4/2021).

Bertempat di JIExpo Kemayoran, Jakarta, ini merupakan bagian dari event hybrid yang juga terlaksana di situs resmi mereka.

Tampilkan deretan produk kendaraan roda empat, roda dua, aftermarket, hingga aktivitas lainnya mulai 15 hingga 25 April 2021.

Acara pembukaannya sendiri dihadiri langsung secara virtual oleh Presiden Indonesia Joko Widodo. “Melalui penyelenggaraan pameran ini, reputasi Indonesia di dunia otomotif bisa ditingkatkan sekaligus menunjukkan kesiapan kita untuk menjadi tuan rumah penyelenggara event otomotif berskala internasional,” jelas Jokowi.

Gelaran yang berlangsung selama sebelas hari ini tentu telah mengantongi izin dari pemerintah.

Dalam pelaksanaan kegiatan offline, Dyandra Promosindo sebagai promotor acara pun akan mengaplikasikan protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environmental Sustainability).

Paling utama yakni membatasi kapasitas pengunjung. Jadi hal mutlak demi memenuhi protokol kesehatan.

Nah, dalam rangka menjaga protokol juga disediakan fasilitas tes PCR atau tes swab Antigen. Selain itu, pengunjung di tiap booth maupun hall JIExpo Kemayoran turut dibatasi.

Kendati begitu, ada opsi lain kalau masih enggan datang langsung. Sila kunjungi situs www.indonesianmotorshow.com sebab gelaran ini terselenggara secara offline dan online.

Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo menyatakan terima kasinya untuk semua pihak karena mendapatkan kesempatan pertama menyelenggarakan pameran secara hibrida (online dan offline).

“Kami berharap Penyelenggaraan acara ini dapat membuka peluang bagi industri MICE & Event Organizer lainnya agar mendapatkan kesempatan menyelenggarakan acara yang dimiliki dan terus berkarya menyesuaikan aturan new normal,” ujar Hendra Noor Saleh.

Peserta

Pengunjung dapat melihat langsung produk gres serta menyaksikan penampilan perdana beberapa model teranyar. Yep, dihadiri berbagai merek ternama.

Untuk roda empat ada BMW Indonesia yang tampilkan produk dari BMW dan Mini. Mayoritas jenama asal Jepang hadir seperti Toyota, Daihatsu, Honda, dan Mitsubishi.

Selain itu para, kontestan lain seperti Jeep, Renault, MG, DFSK, Wuling, dan Fin Komodo turut meramaikan. Tak ketinggalan kehadiran Importir Umum, Prestige Motorcars.

Jangan khawatir bila sedang mengincar produk roda dua. Para nama kesohor dan pemain baru hadir. Sebut saja Astra Honda Motor, Benelli, Husqvarna, Italjet, KTM, Kawasaki, NIU, Royal Alloy, Royal Enfield, Selis, Yamaha, dan Velocifero.

Tak masalah juga kalau mengincar produk aksesori dan aftermarket dihadiri oleh puluhan merek aftermarket ternama.

Bukan sebatas pameran, tetap tersaji bermacam program menarik meski bertepatan dengan bulan suci Ramadhan. Di antaranya ada kegiatan bertajuk Alamku Negeriku, Gerakan MICE (GEMICE), IIMS Awards, IIMS Cahaya Ramadhan, IIMS Community Experience, dan IIMS Hybrid Motoshow.

Mau menjajal langsung? Bisa kunjungi bagian IIMS Test Drive & Test Ride. Belum selesai sampai di situ, masih ada lagi ragam kegiatan seru lainnya.

Protokol Ketat

Penyelenggaraan IIMS Hybrid 2021 berlangsung 15 – 25 April 2021 di JIExpo Kemayoran, Jakarta dan virtual melalui platform indonesianmotorshow.com.

Pengunjung IIMS Hybrid 2021 dapat berkunjung pada hari Senin sampai Kamis (weekdays) dari jam 12.00 – 21.00 WIB sedangkan Jumat sampai Minggu (weekend) dari jam 11.00 – 21.00 WIB.

Pengunjung yang diperbolehkan masuk di area pameran yakni berusia 13 – 59 tahun.

Anda bisa mendapatkan tiket secara online tanpa harus repot mengantre di lokasi penyelenggaraan.

Pengunjung IIMS Hybrid 2021 cukup melakukan registrasi dengan melengkapi data diri yang dibutuhkan dan melakukan pembayaran tiket seharga Rp 50.000 weekdays dan Rp 70.000 weekend dengan metode cashless.

Selanjutnya melalui patform indonesianmotorshow.com pengunjung memilih exhibition show dan offline visit agar dapat menentukan hari dan waktu kunjungan. QR Code akan diterima setiap pengunjung yang telah berhasil melakukan pembelian tiket melalui email.

Dalam penyelenggaraan IIMS Hybrid 2021 juga akan disediakan on the spot tickets yang tersedia di JIExpo Kemayoran dengan melakukan scan barcode di sekitar pintu masuk untuk melakukan proses registrasi melalui website dengan pembayaran secara cashless.

Pengunjung wajib menyiapkan serta memasukan nomor indentitas KTP saat melakukan registrasi untuk pembelian tiket.

Jumlah pembelian tiket dibatasi maksimal 2 tiket tiap transaksi on the spot. Penyelenggara menyarankan untuk melakukan pembelian secara online sebelum berkunjung agar terhindar dari antrean.

 

(Krm/Raju/oto.com)

Otomotif

Wuih, harga motor MotoGP nyaris tembus Rp 70 ,miliar per unit

Published

on

Aksi pembalap Repsol Honda, Marc Marquez pada sesi latihan bebas MotoGP Mandalika 2022, Jumat (18/3/2022). (AFP/Bay Ismoyo)

JAKARTA  – MotoGP kembali ke Indonesia setelah 25 tahun. Sirkuit Mandalika akan menjadi arena pertarungan jago balap MotoGP memperebutkan podium juara.

Sebelum MotoGP Mandalika, pentas adu cepat kuda besi ini terakhir kali berlangsung di Indonesia pada tahun 1998. Tak heran, kembalinya ajang balap motor bergengsi itu ke Tanah Air langsung mendapat sambutan meriah.

Namun, apakah kamu tahu berapa harga motor balap di kelas MotoGP?

Dikutip dari halaman The Race, Sabtu (19/3/2022), harga sebuah unit motor balap di kelas MotoGP dibanderol sekitar 2 hingga 4 juta euro atau setara Rp 34,8 miliar hingga Rp 69,6 miliar.

Tentunya ada harga ada kualitas, harga tersebut ditentukan oleh paket spesifikasi seperti mesin, sasis, suspensi, hingga perangkat pengereman dan elektronik dari sebuah manufaktur.

Masing-masing komponen motor tersebut memiliki biaya pembuatan, termasuk juga penelitian dan pengembangan untuk mencapai performa yang diinginkan.

Tak hanya itu, harga motor MotoGP yang fantastis dikarenakan keistimewaan komponen di dalamnya. Melansir Box Repsol, komponen-komponen tersebut terdiri dari dapur pacu hingga kaki-kaki. Artinya, sangat wajar jika motor sekelas MotoGP dibanderol dengan harga yang mahal.

Selanjutnya, bagian dapur pacu, harga mesin motor MotoGP kelas atas biasanya berkisar 250 ribu euro atau sekitar Rp 4,1 miliar, belum termasuk dengan biaya perbaikan jika ada kerusakan pada mesinnya.

Pembalap Repsol Honda asal Spanyol Marc Marquez mengendarai sepeda motornya dari garasi saat sesi latihan bebas pertama di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (18/3/2022). (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Kemudian, komponen elektronik yang menunjang kinerja mesin seperti sensor, kabel, dan panelnya bisa mencapai 100 ribu euro atau setara dengan Rp 1,6 miliar. Box Repsol menegaskan, tidak ada komponen yang harganya dibawah seribu euro.

Lalu, di bagian kaki-kaki, motor MotoGP biasanya berkiblat pada standar yang sudah ditentukan oleh Federasi Motor Internasional (FIM). Pada bagian rem yang bisa tembus di angka 70 ribu euro atau setara dengan Rp 1,1 miliar, tentunya harga ini belum termasuk dengan pajak, luar biasa.

Dilansir dari liputan6.com , harga rem tersebut sudah sepaket dengan tiga pasang kaliper, tiga silinder, 10 cakram karbon dan 28 bantalan yang akan menunjang kaki-kaki motor MotoGP.

Tak ketinggalan, instrumen penting lainnya yaitu Ban motor MotoGP juga dibanderol sangat mahal. Pasalnya, setiap motor MotoGP memiliki ban khusus yang berbeda tiap sirkuit.

Michelin adalah sebuah produsen ban multinasional, diketahui sebagai penyuplai tunggal ban motor MotoGP. Dimana pihaknya harus menyiapkan 1,2 juta Euro yang setara dengan Rp 19,4 miliar. (sumber: liputan6.com)

Continue Reading

Otomotif

Waspada Blind Spot saat berkendara, Begini cara mengantisipasinya

Published

on

JONEWS.ID – Berkendara di jalan raya tentu saja membutuhkan fokus dan juga kewaspadaan terhadap sekitar. Karena saat berada di jalan, tidak hanya berkendara sendiri, melainkan ada banyak kendaraan berbagai ukuran dalam satu lajur jalan. Dalam mengendarai kendaraan, tentu saja kita menjumpai keadaan atau area yang tidak terlihat pada saat posisi berkendara atau yang disebut dengan blind Spot.

Sebisa mungkin pengendara menghindari area blind spot saat berkendara guna mencegah adanya kendaraan lain yang tidak terlihat. Sebab, kondisi tersebut berpotensi terjadinya kecelakaan lalu lintas karena pengemudi tidak mengetahui keberadaan kendaraan lain.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seorang pengendara untuk meminimalisir titik buta pada kendaraannya.

Ilustrasi pilar blind spot

“Untuk meminimalisir bisa memaksimalkan area pandang pada spion, jadi atur spion semaksimal mungkin sebelum jalan,” kata Marcell kepada Kompas.com belum lama ini. Selain itu, pengemudi juga dapat menambahkan piranti lain seperti blind spot mirror yang dapat mengurangi blind spot pada saat mengemudi. Perangkat ini bisa meminimalisir area blind spot yang tidak bisa terpantau oleh pengendara saat berkendara di jalan raya.

“Bisa menggunakan blind spot mirror atau menambahkan blind spot detection system,” katanya. Cara lainnya yakni dengan memperhatikan jalur yang aman sebelum memutuskan untuk berpindah jalur atau mendahului kendaraan di depan. “Jangan lupa untuk menengok terlebih dahulu sebelum berpindah jalur, karena bisa saja ada mobil yang terjebak di blind spot kita,” kata dia.

Ilustrasi zona blind spot

Selanjutnya, langkah yang terakhir untuk mencegah blind spot bisa juga dengan mencondongkan badan sebelum berbelok.

“Condongkan badan ke kiri saat akan berbelok ke kanan, ini untuk meminimalisir blind spot dari pilar A kendaraan sebelah kanan,” ucapnya. Dengan menerapkan beberapa langkah tersebut maka area blind spot saat mengendarai kendaraan pribadi juga bisa diminimalisir.

(sumber: KOMPAS.com)

Continue Reading

Otomotif

Generasi baru HR-V resmi dipasarkan, lengkap dengan pilihan Hybrid

Published

on

Honda Vezel/HRV e:HEV Z (foto: www.honda.co.jp)

JAKARTA – Mengambil konsep “Amp Up Your Life”, Honda akhirnya resmi memasarkan generasi baru Vezel untuk pasar Jepang.

Dikutip dari kompas.com, mobil bergenre SUV compact yang akrab dikenal dengan nama Honda HR-V di Indonesia itu, datang dengan banyak pembaruan baik dari sisi desain, fitur, sampai interiornya.

Menariknya lagi, HR-V terbaru kini juga ditawarkan dengan versi hybrid yang merupakan kolaborasi mesin bensin dan motor listrik bernama e:HEV.

“Pada model e:HEV kami bertujuan menghasilkan pengendaraan bertenaga yang cocok untuk SUV, dengan meningkatkan jumlah sel baterai dan meningkatkan output motor,” tulis Honda dalam keterengan resmi Honda.co.jp, Jumat (23/4/2021).

Secara tenaga, HR-V e:HEV memiliki motor listrik dengan tenaga 131 Ps atau setara 129,2 tk dan torsi 253 Nm.

Motor listrik tersebut disingkronkan dengan mesin 1.500 cc bertenaga 106 PS atau 104 tk dan torsi 127 Nm.

Tak hanya itu, Honda juga menyajikan model HR-V hybrid dengan tiga varian, yakni e:HEV X, e:HEV Z, dan e HEV PLaY.

Bahkan ada pilihan penggerak empat rodanya. Sementara untuk bensin, disokong mesin 1.500 cc DIHC i-VTEC yang mampu menyuplai tenaga 11t,3 tk serta torsi maksimal sebesar 142 Nm pada putaran mesin 4.300 rpm.

Bicara soal desain, HR-V generasi baru hadir melalui konsep eksterior Sleek & Long Cabin yang digunakan untuk memberikan efek tampilan lebih segar dengan kemasan lebih padat.

Ragam fitur kekinian juga turut disematkan, salah satunya teknokogi keselmatan Honda Sensing.

ementara untuk itu Honda Connect juga sudah tersemat yang menjadi perangkat standar.

Masih ada lagi beberapa fitur lain, salah satunya pintu bagasi belakang yang dibuka tutup tanpa harus disentuh. Sementara untuk harga, dipasarkan sebesar :

  • Honda HR-V Tipe G Bensin: 2.279.200 yen atau sekitar Rp 300 jutaan
  • Honda HR-V e:HEV X hybrid: 2.658.700 yen atau sekitar Rp 360 jutaan
  • Honda HR-V e:HEV Z: 2.898.500 yen atau sekitar Rp 390 jutaan
  • Honda HR-V e:HEV PLaY: 3.298.900 yen atau sekitar Rp 445 jutaan

 

(kompas.com)

Continue Reading

Trending