Connect with us

Deli Serdang

Restu Gubsu, MTQ ke-37 Provsu syarat protokol kesehatan

Published

on

Gubsu Edy Rahmayadi - Walikota Umar Zunaidi / Diskominfo

Sesuai arahan Gubsu, protokol kesehatan harus diutamakan, Insya Allah akan dilaksanakan sebaik-baiknya, Insya Allah Gubsu Edy akan membuka acara MTQ ,” | Walikota Tebingtinggi, Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM

JO | Rumah Gubsu, Deli Serdang – Rencana pelaksaanaan Musbaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-37 Provsu di Tebingtinggi pada 5 -11 September mendatang menuai restu Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi.

Beragam arahan diberikan orang nomor 1 di Sumut itu, saat Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM melaporkan persiapan MTQ di kediaman Edy di Jl. Pantai Bungan Desa Pamah Kecamatan Delitua Kabupaten Deliserdang, Sabtu (1/8).

Dalam pembahasan, Umar diminta Edy untuk mengutamakan protokol kesehatan saat pelaksanaan MTQ ke-37 Provsu di Tebingtinggi yang dijadwal tanggal 5-11 September mendatang.

Syarat itu dikemukakan Edy didampingi staf ahli Gubsu Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, Asren Nasution.

Selanjutnya syarat itu diterima Umar Zunaidi didampingi Setdako Muhammad Dimiyathy, Kadis Kesehatan Dr H Nanang Fitra Aulia Sp.PK, Kabag Kesra Syahbana dan Kadis Kominfo Dedi P Siagian S.STP Msi.

Umar mengaku siap menjalankan syarat utama soal yang dikatakan Gubsu Edy, terkait protokol kesehatan di MTQ tersebut.

” Sesuai arahan Gubsu, protokol kesehatan harus diutamakan, Insya Allah akan dilaksanakan sebaik-baiknya, termasuk pembatasan hingga cek kesehatan kepada pengunjung, peserta dan dewan hakim akan dilakukan, Insya Allah Gubsu Edy akan membuka MTQ itu,” kata Umar seperti dikutip dilaman resmi Diskominfo.

Sebelumnya, Umar melaporkan, MTQ diikuti
oleh 39 kafilah se-Sumatera Utara terdiri dari 33 Kabupaten/Kota dengan 6 kafilah khusus tambahan. Mimbarpun telah disiapkan secara matang.

Soal protokol kesehatan, Umar menjelaskan, penerapan itu akan dilakukan, termasuk penggunaan masker, cuci tangan, physical dan sosial distancing.

” Terima kasih kepada Gubsu Edy, atas bantuan fasilitas kesehatan tambahan yang diberikan, Insya Allah Gubsu Edy akan membuka acara MTQ nantinya,” ucapnya.

Pelalsanaan MTQ sepekan itu, telah mempersiapkan 6 unit fasilitas hotel dan 164 sarana rumah penduduk yang dipersiapkan sebagai fasilitas penginapan para kafilah asal luar daerah.

(rms14/joms)

Deli Serdang

Pj Wali Kota Tebingtinggi : Selamat HPN 2023

Published

on

Kehidupan pers yang lebih dinamis sehat dan konstruktif dapat dapat berperan penting dalam pembangunan peningkatan kualitas peradaban dan budaya Indonesia” | Pj Wali Kota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi

TEBINGTINGGI – Pj Wali kota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi mengucapkan apresiasinya terhadap Hari Pers Nasional (HPN) 2023.

Dimiyathi tiba di GOR Serba Guna Kabupaten Deli Serdang pada Kamis (9/2) pagi didampingi Pj Sekdako Bambang Sudaryono, Kepala Dinas Kominfo Dedi P Siagian, Inpektur APIP Kamlan, Kadis BPKAD Sri Imbang, Kadis Pendidikan Idham Khalid, dan sejumlah pejabat daerah lainnya.

Menurut Dimiyathi, kehidupan pers yang lebih dinamis sehat dan konstruktif dapat dapat berperan penting dalam pembangunan peningkatan kualitas peradaban dan budaya Indonesia.

Tentu saja digelarnya beragam seminar di HPN 2023, akan menjadi reflkesi bagi pers dan pemangku kepentingan untuk menciptakan pers yang lebih baik lagi.

Keunggulan HPN 2023 menurut Dimiyathi juga berdampak positip bagi kalangan pelaku bisnis perhotelan dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Provinsi dan daerah.

Hal itu diungkap Dimiyathi kepada wartawan saat ia mengunjungi stand promosi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) setiap Kabupaten Kota.

” Stand promosi dari berbagai daerah di HPN ini sangat membantu UMKM, tamu akan berbelanja untuk oleh oleh dan membawa pulang produk UMKM ke daerah asal, iya stand UMKM Tebingtinggi juga ada di acara HPN 2023,”  kata Dimiyathi.

Tinjau stand promosi UMKM Tebingtinggi

Beragam produk UMKM Tebingtinggi dipromosi,  diantaranya mulai dari jenis makanan olahan hingga hasil kerajinan, seperti songket melayu, kain batik Tebingtinggi, dompet dan produk unggulan lainnya.

Selanjutnya, seluruh produk tersebut dapat diperoleh secara lengkap, termasuk kualitas kuliner jika pengunjung datang ke Tebingtinggi yang hanya berjarak 80 Km dari Kota Medan.

” Dapat ditempuh dalam waktu 45 menit berkendara lewat jalan Tol, beragam kuliner dapat dinikmati di Tebingtinggi sebelum menuju destinasi wisata danau toba, ” tuturnya.

Muhammad Dimiyathi datang di acara puncak HPN 2023 di Kabupaten Deli Serdang bersama seluruh Kepala Daerah (KDh) di Indonesia dihadiri Presiden RI Joko Widodo bersama para Duta Besar negara sahabat, Ketua MPR RI, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI, Kapolri, Ketua PWI Pusat, Ketua Dewan Pers, Gubernur dan Wakil Gubernur se Indonesia, Forkopimda, Kepala Daerah se Indonesia, Tokoh Pers Nasional dan Wartawan se-indonesia.

Continue Reading

Deli Serdang

PSP Foundation – Partai Nasdem serahkan bantuan BLK ke Pesantren Al Qomariah

Published

on

1st

Kami mengucapkan terima kasih, kami sangat senang sekali atas bantuan dari Partai Nasdem,”| Ketua Yayasan Pesantren, Ahmad Rasidi Lubis.

Reporter: Riza Vahlevi Panjaitan

DELISERDANG – Prananda Surya Paloh (PSP) Foundation bersama Partai Nasdem Deliserdang terus kucurkan beragam bantuan.

Kali ini, lembag PSP itu memberikan bantuan berupa Balai Latihan Kerja Komuditas di Pesantren al Qomariah di Desa Kotangan Kecamatan Galang Kabupaten Deliserdang, Selasa (28/12/2021).

Kegiatan itu dihadiri Wakil ketua DPRD Deli Serdang, Nusantara Tarigan Silangit, dan perwakilan PSP Foundation ,Oka fachru.

Kedatangan mereka disambut hangat oleh Ketua yayasan pesantren, Ahmad Rasidi Lubis.

Pihaknya mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Partai Nasdem.

“Kami mengucapkan terima kasih, kami sangat senang sekali atas bantuan dari Partai Nasdem,” ujar Ahmad Rasid kepada wartawan.

Ia mengatakan, bantuan tersebut nantinya akan digunakan untuk memberikan pelatihan kerja kepada para santri yang berada di pesantren itu.

“Kita fungsikan nanti untuk IT, semoga bermanfaat bagi para santri yang berada di pesantren ini,” terangnya.

Selanjutnya pihak pesantren pun tak lupa memberikan cendramata kepada PSP Foundation berupa plakat sebagai kenang – kenangan.

Continue Reading

Deli Serdang

Tak terima dimaki, adik cangkul kepala abang kandungnya di Deliserdang

Published

on

Korban mendapatkan perawatan di RS Grand Medistra Lubukpakam.

JONEWS.ID – Hanya gara-gara tak terima mendapat makian, seorang adik tega membacok kepala abang kandungnya pakai cangkul di Kabupaten Deliserdang.

“Pelaku Wilandar Simarmata (33) pascakejadian sudah diamankan. Sedangkan korban Edes Simarmata (43) harus dibawa ke Rumah Sakit Grand Medistra Lubukpakam, karena mengalami luka di bagian kepalanya,” ujar Kasatrekrim Polresta Deliserdang, Kompol Dr Muhammad Firdaus SIK SH MH.

Firdaus menjelaskan, kejadian itu terjadi pada Rabu 3 November 2021 sekitar pukul 18.30 WIB.

Pelaku berangkat dari rumahnya dengan membawa cangkul untuk membuang air di area sawah Dusun XII Lubuk Tampu, Desa Sidoarjo II Ramunia, Kecamatan Beringin karena kebanjiran.

Di pertengahan jalan sebelum sampai area sawah, adik berpapasan dengan abang kandungnya. Di situ, korban langsung memaki-maki pelaku.

“Pelaku tidak senang dimaki mendatangi korban. Lalu mengayunkan cangkul yang dipegangnya ke arah kepala abang kandungnya hingga tergeletak tak berdaya. Selesai membacok meninggalkan lokasi,” jelas mantan Kasatrekrim Polres Langkat.

Mendapat informasi tersebut, terang Firdaus tim Unit Reskrim Polsek Beringin bergerak ke tempat kejadian dan mengamankan pelaku.

“Kami amankan barang bukti berupa sebilah cangkul,” terang lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2006.

Dari hasil keterangan pelaku, kata Firdaus dirinya tidak mengetahui apa sebab korban memakinya.

“Pelaku dengan korban sebelumnya tidak ada masalah ataupun cekcok. Bersangkutan sudah lelah bekerja di maki-maki sehingga tersulut emosi dengan spontan mencangkul kepala abangnya,” pungkasnya.

(sumber: ANTARA SUMUT)

Continue Reading

Trending