Connect with us

Sosial Masyarakat

Mari Salurkan Donasi untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Published

on

Kondisi Hotel Mutiara Carita usai diterjang tsunami di Selat Sunda. (Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan)

WAKUBAN.CO | Banten – Sabtu (22/12) menjadi malam yang berat bagi warga di pesisir Selat Sunda. Erupsi yang terjadi di Gunung Anak Krakatau menyebabkan gelombang naik tinggi dengan kekuatan yang dahsyat sehingga menimbulkan tsunami di Anyer dan Lampung.

Kekuatan gelombang tsunami meluluhlantahkan apapun yang ada di sekitarnya. Rumah dan bangunan luluh lantak, kendaraan ringsek, dan banyak warga yang menjadi korban. Berdasarkan data BNPB, hingga Senin (24/12), jumlah korban tewas akibat tsunami Selat Sunda mencapai 281 jiwa. Selain itu ada 1.016 korban luka dan 57 orang yang masih dinyatakan hilang.

Kerusakan fisik meliputi 611 unit rumah rusak, 69 unit hotel-vila rusak, 60 warung-toko rusak, dan 420 perahu-kapal rusak. Korban dan kerusakan ini terdapat di 5 kabupaten terdampak, yaitu Pandeglang, Serang, Lampung Selatan, Tanggamus, dan Pesawaran. Jadi wilayah di Provinsi Banten dan Lampung yang berada di Selat Sunda. Daerah pesisir di Kabupaten Pandeglang adalah daerah yang paling banyak jumlah korban dan kerusakannya dibandingkan daerah lain.

Kondisi Desa Way Muli, Lampung Selatan usai terkena tsunami. (Foto: Nugroho Sejati/kumparan)

Daerah pesisir di sepanjang pantai dari Pantai Carita, Pantai Panimbang, Pantai Teluk Lada, Sumur, dan Tanjung Lesung banyak mengalami kerusakan. 10 kecamatan di Pandeglang terdampak dari terjangan tsunami. Korban paling banyak ditemukan di Hotel Mutiara Carita Cottage, Hotel Tanjung Lesung, dan Kampung Sambolo.

Kapusdatin BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyebut, ada 5 kabupaten yang terdampak tsunami Selat Sunda. Yakni Pandeglang, Serang, Lampung Selatan, Tanggamus dan Pesawaran. Kabupaten Pandeglang menjadi wilayah paling parah terdampak bencana ini.

“Prioritas penanganan darurat saat ini adalah koordinasi, evakuasi, pencarian, dan penyelamatan korban, pelayanan kesehatan, penanganan pengungsi, perbaikan darurat sarana prasarana yang rusak,” ujar Sutopo.

Kondisi Desa Way Muli, Lampung Selatan usai terkena tsunami. (Foto: Nugroho Sejati/kumparan)

Saat ini evakuasi, pencarian, dan penyelamatan korban terus dilakukan. Diduga masih ada korban yang berada di bawah reruntuhan bangunan dan material yang dihanyutkan tsunami.

Para warga masih tinggal di pengungsian dengan perasaan yang masih was-was. Sebab saat ini masih sering terjadi cuaca buruk di sekitar lokasi.

elain meliput langsung dari lokasi demi menyajikan informasi terupdate dan akurat, kumparan juga bekerja sama dengan Radio Prambors untuk menggalang dana bagi para korban tsunami Selat Sunda. Penggalangan dana dilakukan secara online melalui platform Kitabisa. Mari salurkan bantuan Anda dalam tautan berikut:

Sumber : kumparan.com

Sosial Masyarakat

Riyan Fahlevi Ketua Onthelist Sumut periode 2021-2024, Safwan Khayat: Terus Rajut Kebersamaan

Published

on

Sumber Photo: dok istimewa Ayah onthel Ismail Budiman

TEBINGTINGGI –  Riyan Fahlevi terpilih menjabat Ketua Onthelist Sumut periode 2021-2024.

Riyan terpilih lewat Musyawarah Besar (Mubes)  penggemar sepeda onthel se- Sumatera Utara yang digelar di Markas Penggemar Sepeda Onthel Tebingtinggi (Pedati) di Tebingtinggi Sabtu (13 -14/2/2021) kemarin.

Bersama Sekretaris Mujiono, keduanya dibantu bendahara terpilih Heri untuk memimpin komunitas pecinta Pedati itu untuk 4 tahun mendatang.

Struktur pengurus dan sejumlah sejumah seksi organisasi Pedati juga terbentuk. Sementara Ayah Ontel Ismail Budiman dipercaya menjabat sebagai penasehatnya.

Mubes berprotokol kesehatan secara ketat itu juga dihadiri tokoh bapak onthel Sumut, AKBP Drs H Syafwan Khayat M.Hum. Termasuk ayah ontel Ismail Budiman dan tokoh masyarakat Abu Hasyim dan Rahmad Suud.

Ketua Pedati Tebingtinggi suhu Sucien terlihat hadir menyambut kedatangan perwakilan organisasi ontel dari beberapa kab/kota se Sumateta Utara.

Tokoh bapak sepeda onthel AKBP Drs H Sumut Safwan khayat MHum mengharapkan, agar kepemimpinan Riyan Fahlevi bisa terus merajut kebersamaan penggemar ontel berbuat baik untuk kebaikan.

Ia menambahkan, sepeda dapat menjadi sarana bhakti sosial. Motto “Bersepeda sekali dayung seribu sahabat” dikatakan Syafwan menjadi hal penting di komunitas itu.

Sertifikat penghargaan atas pertisipasi kehadiran di Mubes juga diberikan kepada perwakilan onthel se Sumut.

Mubes yang barakhir petang itu juga membagi 3000 masker kepada kemasyarakat sebagai bentuk kepedulian komunitas sepeda onthel untuk mentaati Protokol Kesehatan anjuran Pemerintah ditengah wabah pendemi corona (Covid-19) yang masih melanda Negeri.

(rms14/JOMS).

Continue Reading

Sosial Masyarakat

Rapid Test Pemerintah Seser Pengunjung Kafe Dan Supermarket

Published

on

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penaganan Covid-19 Tebingtinggi Dr Nanang Fitra Aulia Sp.PK (dok.JONews.id/S.Saragih)

Laporan : N Lubis | S.Saragih
Editor     : Muhammad Rahmadsyah

JOnews.id | Kawasan Thamrin, Tebingtinggi – Pencegahan penyebaran Virus Corona lewat metode skrining deteksi anti bodi atau penyaring (Rapid Test) menyeser bisnis Kafe dan pengunjung Supermarket.

Selasa (19/5/2020) sore, sample darah ratusan pengunjung Irian Supermarket di Jl Thamrin diperiksa sebelum berbelanja.

Tim Jubir Gugus Tugas Tebingtinggi dr H Nanang Fitra Aulia Sp PK kembali melanjutkan Rapid Test usai berbuka puasa.

Tiga retail bisnis Cafe berlabel Kopi Veteran, Pos Cafe Jl. Sutomo, Kok Tong di Jl. SM Raja dan sejumlah warnet juga diperiksa.

dr Nanang mengatakan, pemeriksaan Rapid Test hingga malam itu tak satupun menunjukkan hasil positip.

” Pengunjung Irian dan kafe warga tetangga juga kita periksa” ucapnya.

Kendati demikian, Nanang menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada. Protokol Covid-19, diingatkan dr Nanang bersama Kabid P2P dr Henny Sri Astuti, untuk selalu diterapkan dalam keseharian sebagai upaya mencegah infeksi Virus Corona.

Karena pencegahan menjadi cara jitu menekan infeksi Virus. Pihaknya berkeinginan Tim Gugus Tugas tidak ingin kecolongan, ” Fasilitas Umum lainnya akan jadi target lanjutan Rapid Test Covid-19,” ucapnya.

Continue Reading

Sosial Masyarakat

Imam Donasi 1.500 Sembako, Hazly Sebut Kader Terbaik Gerindra

Published

on

Imam Ansyori Nasution - Anggota DPRD Partai Gerindra saat mendonasikan 150 sembako. Imam merupakan sosok muda berbakat yang akan meregenerasi tokoh politik senior di Tebingtinggi.(Dok. Jonews.id | N Lubis)

Imam itu kader terbaik Partai Gerindra  dan tokoh regenerasi tokoh politik Tebingtinggi”

Laporan: N.Lubis | Muhammad Rahmadsyah

JOnews.id | Pabatu, Tebingtinggi – Membantu meringankan tekanan ekonomi rakyat ditengah wabah Corona, Imam Ansyori Nasution donasi 1.500 paket sembako Minggu (10/5/2020).

Imam, menjadwal pembagian sembako dilakukan secara bertahap. Sebanyak 150 paket dikucurkan setiap hari hingga 10 hari kedepan.

Anggota DPRD Partai Gerindra bertatap muka dengan 150 orang warga penerima Sembako di Kelurahan Pabatu dan Kec.Tebingtinggi Kota.

Pemilik retail bisnis Kopi di kawasan Veteran itu merasakan perubahan ekonomi akibat virus Corona (Covid-19) yang tengah melanda.

“Semoga sembako beras, gula, minyak goreng, bubuk teh dan sirup dapat mengurangi beban ekonomi masyarakat jelang Idul Fitri mendatang,” sebut Imam.

Didua kawasan itu, Imam terlihat hadir bersama Ketua DPC Partai Gerindra Tebingtinggi, M Hazly Azhari Hasibuan Msi dan anggota pengurus partai lainnya. “Imam merupakan kader terbaik DPC Partai Gerindra,” sebut Hazly.

Hazly mengurai rasa kagum atas prestasi gemilang Imam di dunia politik. Diusia muda Imam 30 tahun, sosok muda milenial itu mampu mendulang 2800 suara bersaing dengan politikus senior pada musim Pencalonan Legislatif tahun lalu.

Fakta itu membuktikan bahwa Imam memiliki relasi yang bagus dalam berpolitik. Pantas jika dunia politik sangat membutuhkan sosok muda Imam Ansyori Nasution sebagai regenerasi tokoh politik Tebingtinggi.

“Jangan pernah lelah demi kebaikan. Bersama kita besarkan Partai Gerindra,” pesan Hazly.

Continue Reading

Trending